Sejarah Unnes

Sejarah Unnes

Apakah UNDIP pernah memiliki FKIP (1) ?

Universitas Diponegoro sebagai sebagai kampus yang terkenal di Indonesia memiliki cerita menarik untuk kita kaji. Berdasarkan arsip yang dimiliki oleh UPT Kearsipan Unnes merujuk pada surat dari Universitas Diponegoro, kotak pos 270-Semarang-telp Sm. 1161-1162 tertanggal 17 Juni 1964 bahw Rektor Universitas Diponegoro, berdasarkan telegram Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada Juni 1964 nomor 45 dengan ini memberikan kuasa kepada dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Semarang mengadakan serah terima FKIP Semarang kepada Presidium IKIP di Jogjakarta.

Berdasarkan arsip tersebut, di tahun 1964 UNDIP pernah memiliki dekan FKIP. Dekan FKIP UNDIP waktu itu bernama Drs. Abdulgani, sedangkan rektornya adalah Prof. Sunario, SH. Arsip tersebut menunjukkan UNDIP menyerahkan FKIP-nya ke presidium IKIP di Jogjakarta. Jadi, UNDIP dulu, pernah memiliki FKIP.

Berdasarkan data tersebut. Jelaslah, bawah UNDIP pernah memiliki FKIP, sebagaimana Perguruan Tinggi eks IKIP. Mari belajar arsip dan pengelolaan arsip agar dokumen kita terpelihara sehingga dapat mewariskan ilmu kepada anak-anak kita.

Cerita selanjutnya,bersambung…….

 




UPT Kearsipan Unnes
Gedung H lantai 4, Kampus Sekaran - Gunungpati, Semarang 50229
Telp : (024) 8508088 / Fax : (024) 8508088
Email
arsip@mail.unes.ac.id

Contact with Sosial Media