Sejarah

Sejarah

Semenjak muncul Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Negeri Semarang, maka muncullah UPT Kearsipan. UPT ini baru didirikan pada tahun 2015. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Kearsipan Nomor 43 tahun 2009, pasal 27 ayat 2, di mana Perguruan Tinggi wajib membentuk arsip perguruan tinggi (UPT). Hal ini juga diperjelas dalam pasal 62 dan 63. Kedua pasal tersebut menjelaskan bahwa pemindahan arsip inaktif di lingkungan perguruan tinggi. Selain itu juga ada dalam pasal yang lainnya, yaitu pasal 73 tentang pemusnahan arsip di perguruan tinggi.

UPT Kearsipan Unnes merupan suatu aset perguruan tinggi dan aset publik, karena arsip-arsip yang tersimpan didalamnya merupakan suatu informasi yang perlu dipublikasi atau diketahui oleh publik internal maupun eksternal. Publik internal meliputi civitas akademika Unnes, sedangkan publik eksternal meliputi masyarakat.

UPT kearsipan Unnes juga merupakan penyelenggara kearsipan nasional yang sah, selain lembaga kearsipan provinsi dan kabupaten/ kota. Penyelenggaraan kearsipan UPT Kearsipan Unnes menjadi tanggungjawab Unnes. Tujuan didirikan UPT Kearsipan Unnes, menjamin arsip (1) tercipta dan tersedia (reliabel dan autentik), (3) pengelolaan profesioanl, sebagai bukti akuntabilitas yang sah, (4) memelihara, menyimpan, dan menyediakan, (5) mendukung pengajaran, penelitian untuk kepentingan internal Unnes maupun eksternal (masyarakat), dan (6) menjamin keselamatan dan keamanan.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kearsipan Unnes sebagai unit di Unnes yang mengelola kearsipan di universitas. UPT ini didirikan pada 22 Desember 2015. Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Negeri Semarang pasal 110 bahwa UPT Unnes terdiri atas lima unit, salah satunya UPT Kearsipan. Hal ini dijabarkan pula pada pasal 130 bahwa UPT Kearsipan merupakan unit pelaksana teknis di bidang pengelolaan arsip.

Tugas UPT kearsipan adalah melaksanakan pengelolaan arsip (pasal 131) sebagaimana dalam  Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi,  sedangkan fungsinya adalah (1) menyusun rencana, program, dan anggaran; (2) mengelola arsip; dan (3) mengurus tata usaha UPT. Oleh karenanya, terbit Keputusan Rektor Unnes No.572/P/2015 tentang pengangkatan Kepala UPT Kearsipan yaitu Drs. Muhsin, M.Si.




UPT Kearsipan Unnes
Gedung H lantai 4, Kampus Sekaran - Gunungpati, Semarang 50229
Telp : (024) 8508088 / Fax : (024) 8508088
Email
arsip@mail.unes.ac.id

Contact with Sosial Media