Blog

Arsip Statis Perlu Diselamatkan

Arsip Statis Perlu Diselamatkan

 

Dalam rangka penyelamatan arsip statis di lingkungan Universitas Negeri Semarang (UNNES), UPT Kearsipan UNNES menyelenggarakan serah terima arsip statis. Strategi yang digunakan oleh UPT Kearsipan yaitu serah terima dilakukan secara bertahap sesuai dengan unit-unit kerjanya. Saat ini, UPT Kearsipan sedang ada kegiatan serah terima arsip statis dari BUHK. Adapun arsip statisnya berupa nama-nama Rektor pada periode masing-masing. Tercatat ada 9 rektor UNNES dari tahun 1965 hingga 2017.

 

Pada sesi serah terima ini ada  empat “personal file” yang diserahkan yaitu Prof. Drs. Wuryanto Almarhum (Rektor IKIP Semarang periode 1967-1977), Prof. Dr. Retmono Almarhum (Rektor IKIP Semarang periode 1986-1994), Prof. Dr. Rasdi Ekosiswoyo (Rektor UNNES periode 1994-2002) dan Prof. Dr. AT Soegito (Rektor UNNES periode 2002-2006).

 

Selain arsip statis kepegawaian, juga arsip statis dari BMN (Barang Milik Negara) berupa kontrak perjanjian. Acara serah terima arsip statis ini dihadiri oleh Slamet Riyadi, S.Pd, Darmoyo S.Pd., M.Kom, Herry Kusyanto, Endang Retno Pujirahayu S.H, Muhamad Sarozi S.Pd, Trisna Saputra S.Pd, dan semua unsur UPT Kearsipan yaitu Dr. Muhsin M.Si, agung kuswantoro S.Pd., M.Pd, Niken Fitriani A.Md, Ratu Bunga Maremitha Ungu A.Md, Ina Kumala Dewi A.Md, Dwi Untung Prakosa SE, Ny. Utari.

 

Harapannya, melalui kegiatan ini arsip-arsip statis di UNNES dapat ditelusuri lebih lanjut pada unit-unit lainnya. Sehingga, penyelamatan arsip statis pun dapat diselamatkan. Kegiatan ini juga dalam rangka menjalankan amanah Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan yaitu salah satu tugas lembaga kearsipan adalah menyimpan arsip statis.

 

Ditulis Oleh Agung Kuswantoro

...




UPT Kearsipan Unnes
Gedung H lantai 4, Kampus Sekaran - Gunungpati, Semarang 50229
Telp : (024) 8508088 / Fax : (024) 8508088
Email
arsip@mail.unes.ac.id

Contact with Sosial Media