Digitalisasi Kearsipan FE UNNES
Oleh Agung Kuswantoro

Saya mencoba untuk memetakan kegiatan digitalisasi kearsipan di FE UNNES. Adapun tahapannya sebagai berikut:

1. Kegiatan penataan di depo arsip selama 4 hari. Sebelum penataan arsip dilakukan koordinasi tim teknis dari FE UNNES, panitia kegiatan, dan arsiparis UNNES. Tujuannya agar saat penataan di depot petugas/tim teknis dari FE tidak bingung. Mengingat banyak arsip yang dilantai. Lalu, arsip yang di lantai akan diletakkan dimana? Masalah diletakkan di mana, akan dibahas saat pertemuan nanti.

2. Setelah rapat koordinasi dengan tim teknis dan penataan langsung di depot arsip. Kemudian, pendampingan dari tim UPT Kearsipan UNNES mengenai pengelolaan kearsipan dinamis di FE UNNES.

3. Setelah pencatatan secara langsung (manual), baru proses digitalisasi oleh tim TIK UNNES dengan aplikasi kearsipan UNNES.

4. Digitalisasi selesai, masuk pada tahap evaluasi kegiatan kearsipan di FE UNNES. Evaluasi mencakup semua kegiatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan kearsipan di FE UNNES.

5. Terakhir, sosialisasi kearsipan kepada pimpinan di FE UNNES. Tujuan sosialisasi kearsipan agar SOP atau prosedur kearsipan FE UNNES dapat menerapkannya dengan baik oleh pimpinan FE UNNES.

Demikian tahapan yang saya lakukan – selaku ketua kegiatan – dalam digitalisasi kearsipan FE UNNES. Semoga berjalan dengan baik. Aamiin.

Semarang, 19 Oktober 2020
Ditulis di UPT Kearsipan UNNES jam 08.00 – 08.15 WIB.

Catatan: pertemuan awal rencana dilakukan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 di FE jam 13.00 WIB.