Workshop Jurnal Kearsipan dengan Tema Startegi Publikasi Ilmiah Menembus Jurnal Nasional merupakan rangkaian kegiatan Jurnal Kearsipan di tahun 2020. Tujuan kegiatan ini adalah menambah wawasan tentang penulisan jurnal ilmiah, menjaring penulis di jurnal kearsipan, serta melakukan sosialisasi  Jurnal Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan, ANRI dan Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kearsipan merupakan Media publikasi yang memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian dan kajian tentang persoalan kearsipan. Jurnal ini terbit dalam 2 volume dalam setahun. Jurnal Kearsipan dapat diakses dengan alamat web : http://jurnalkearsipan.anri.go.id/index.php/ojs.

 

Workshop Jurnal Kearsipan dengan Tema Startegi Publikasi Ilmiah Menembus Jurnal Nasional  dibuka oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Kearsipan Bpk. Andi Dr.H.Andi Kasman,SE.,MM. Dalam paparannya beliau menyampaikan pentingnya kerjasama antara pemerintahan sebagai pembuat kebijakan, Akademisi sebagai pembuat IPTEK, dan Swasta sebagai pemanfaat hasil IPTEK (Triple Helix ABG-S). Kegiatan Litbang Kearsipan dewasa ini haruslah dan wajib dikembangkan dalam kerangka menghasilkan Nilai Tambah (Value Added) bagi Pembangunan dan Peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan, dan kesejahteraan sosial rakyat Indonesia kearah transformasi pemerintahan digital di era pandemic covid-19, dengan memadukan konsep Triple Helix Plus Sociaty (ABG-S) bahkan sampai Penta Helix.  Dalam pembukaan selanjutnya Bpk. Dr. S.Martono,M.Si Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Universitas Negeri Semarang berharap kerjasama ini terus berlanjut agar dunia ilmu kearsipan semakin berkembang dikalangan akademik maupun masyarakat. Beliau berharap Jurnal Kearsipan dapat bermanfaat di dunia pendidikan mulai dari SMK, SMA, Vokasi dan seterusnya.

 

Workshop ini menghadirkan Narasumber Dr.Dhanang Respatih Puguh,M.Hum (Ketua Departemen Ilmu Sejarah Universitas Dipenogoro). Judul materi yang dipaparkan yakni Menulis Artikel Dan Mengelola Jurnal Ilmiah: Suatu Pengalaman Pribadi. Kemudian Narasumber kedua yakni Agung Kuswantoro SP.d, M.Pd (Penulis dan Kepala UPT Universitas Semarang) dengan judul materi Setiap orang adalah penulis.

 

Kegiatan diikuti oleh 154 Peserta tediri dari dari Dosen, Mahasiswa, Arsiparis dan Masyarakat Umum. Antusiasme peserta sangat tinggi dalam mendiskusikan hal-hal tentang penulisan jurnal ilmiah. Hal ini menjadi cerminan besarnya potensi para penulis yang tertarik pada bidang kearsipan.