Salahudin, Juwita, dan Zanna
Oleh Agung Kuswantoro

Adalah Salahudin, Juwita, dan Zanna yang mengikuti magang (baca: belajar bareng) kearsipan di UPT Kearsipan UNNES. Salahudin berasal dari Universitas Mataram/UNRAM. Juwita dan Zanna berasal dari Universitas Airlangga/UNAIR.

Salahudin belajar kearsipan secara global, lebih ke materi dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan dalam menata arsip. Sedangkan Juwita dan Zanna lebih ke materi praktek secara langsung arsip inaktif dan memahami proses digitalisasi surat masuk – keluar yang ada di UNNES. Waktu magang Salahudin lebih pendek dibanding dengan Juwita dan Zanna.

Magang adalah sarana untuk belajar dan mendalami atas suatu kejadian di suatu tempat. Karena, suatu tempat memiliki “keunikan” dalam pengelolaan arsip. Bisa jadi, ada “sesuatu” yang beda dalam mengelola arsip, namun tujuannya sama yaitu agar arsip lebih cepat dan mudah ditemukan.

UPT Kearsipan UNNES, bukanlah lembaga perguruan tinggi terbaik dalam mengelola arsip. Namun, kami ingin belajar pula, untuk mengelola arsip yang baik agar arsip yang kami kelola menjadi sumber informasi untuk masyarakat (pada umumnya) dan UNNES (pada khususnya).

Magelang, 18 Februari 2020