DISEMINASI PERATURAN REKTOR NOMOR 29 TAHUN 2018

DISEMINASI PERATURAN REKTOR NOMOR 29 TAHUN 2018

 

Dalam  rangka  pengelolaan  arsip  dinamis  dan kemudahan  akses  arsip  bagi  publik  dan  pelindungan terhadap  keamanannya,  perlu  adanya  klasifikasi  atau pengaturan  terhadap  akses  arsip  dinamis  di  lingkungan Universitas Negeri Semarang (UNNES)  untuk  mencegah terjadinya  penyalahgunaan  arsip  oleh  pihak-pihak yang tidak berhak.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, perlu menetapkan Peraturan Rektor UNNES Nomor 29 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip  Dinamis di  Lingkungan UNNES.

Adapun dasar hukum kegiatan adalah Undang-Undang  Nomor  11  Tahun  2008  tentang Informasi  dan  Transaksi  Elektronik , Undang-Undang  Nomor  14  Tahun  2008  tentang Keterbukaan  Informasi  Publik, dan Undang-Undang   Nomor  43  Tahun  2009   tentang Kearsipan.

Dr. Muhsin, M.Si mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui pihak yang diperbolehkan mengakses sebuah arsip, keamanan informasi sebuah arsip, dan cara pencegahan atas penyalahgunaan arsip dari piha-pihak yang tidak berhak/berwenang.

Jumlah peserta ada 48 peserta yang terdiri dari Kepala Tata Usaha, Kasubbag Bagian Umum, dan Penata arsip pada masing-masing unit kerja di lingkungan UNNES.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada Rabu/12 September 2018 di UPT Kearsipan UNNES.

Narasumbernya, Dra. Sulistyowati, MM.(Kasubdit Pusat III ANRI). Ia mengatakan sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip merupakan aturan pembatasan hak akses terhadap fisik arsip dan informasinya sebagai dasar untuk menentukan keterbukaan dan kerahasiaan arsip dalam rangka melindungi hak dan kewajiban pencipta arsip dan pengguna dalam pelayanan arsip.

Klasifikasi keamanan dan akses arsip ditentukan berdasarkan sifat arsip yang dapat di akses terdiri atas arsip yang bersifat terbuka; dan arsip yang bersifat tertutup.

 

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar