Pendampingan Kearsipan di BAKK

 

Dalam rangka melaksanakan amanah Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 bahwa salah satu tugas UPT Kearsipan yaitu pembinaan Kearsipan di unit kerja. Wujud pembinaan kearsipan di unit kerja yaitu pendampingan kearsipan di BAKK (Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama). Kegiatan ini dilakukan oleh BAKK bekerjasama dengan UPT Kearsipan. Tempat kegiatan di gedung Rektorat lantai 1. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari sejak hari 23 April hingga 27 April 2018.

Fokus kegiatan ini adalah pendataan arsip di bagian akademik. Outputnya adalah tercatat arsip yang berkategori disimpan, dimusnahkan, dan dipindahkan (akuisisi) ke UPT Kearsipan UNNES. Setelah kegiatan ini akan diadakan pemindahan arsip statis BAKK ke UPT Kearsipan, sesuai dengan prosedur kearsipan yang berlaku, berupa serah terima arsip statis BAKK dan daftarnya.

Kepala UPT Kearsipan UNNES, Dr Muhsin MSi mengatakan bahwa kegiatan ini, selain melibatkan UPT Kearsipan UNNES, juga melibatkan BUHK (Biro Umum, Hukum, dan Kepegawaian). Hal ini terkait dengan Sumber Daya Manusia dan sarana prasarana.

Kerjasama BAKK, BUHK, dan UPT Kearsipan merupakan faktor kunci keberhasilan dalam kegiatan ini. Jangan beranggapan, bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan arsip adalah tugas UPT Kearsipan UNNES. Tetapi, dibutuhkan kerjasama semua pihak.

Misal, penentuan arsip yang termasuk musnah dan disimpan yang lebih mengetahui adalah unit kerja. Sumber daya pendukung seperti sarana dan prasarana yang lebih mengetahui adalah unit yang mengurusi masalah tersebut. Ujar koordinator UPT Kearsipan UNNES, Agung Kuswantoro MPd.

 

sumber : https://unnes.ac.id/berita/pendampingan-kearsipan-di-bakk/

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar